Selasa, 29 Desember 2009

Jaminan Mutu Hasil Analisa atau Kalibrasi Laboratorium

Dalam penigkatan Mutu produk olahan khususnya (seafood) tentunya tidak lepas dari kualitas management analisa yang di lakukan setiap hari oleh personil laboratorium, baik akan menentukan keakurata data maupun jaminan mutu hasil analisa. Untuk menjamin mutu hasil analisa kita bisa melakukan kalibrasi loboratorium. Adapun tindakan yang di lakukan sebagai berikut:

  • Peningkatan keterampilan Analist melalau program trening secara rutin baik internal maupun eksternal.
  • Trening internal dilakukan oleh kepala laboratorium kepada para analist laboratorium.
  • Trening Eksternal dilakukan dengan melakukan kerjsama dengan loboratorium pemerintah atau mengikuti trening independen yang mampu meningkatkan keterampilan para analist, contohnya seperti mengikuti trening di CV. Pratama Hartono Indonesia khusus tentang Analisa Antibiotik. Jadi apabila di perusahaan anda membutuhkan trening bisa hubungi kami.he..he...maaf sekalian promosi.
  • Verifikasi laboratorium setiap 6 bulan sekali oleh audit internal. Dalam hal ini perusahaan anda sendiri yang melakukan atau tim auditor laboratorium. Hal ini biasanya diatur oleh Quality Assurance perusahaan.
  • Evaluasi kerja setiap ditemukan penyimpangan hasil analisa oleh analist dan kepala laboratorium, segera melakukan tindakan perbaikan dilapangan.
  • Management riview yang akan memonitor dan evaluasi kinerja evaluasi loboratorium serta dari aktifitas ini akan memberikan saran perbaikan untuk kemajuan program kinerja laboratorium.
  • Laporan harian hasil analisa yang telah selesai langsung dismapikan ke pihak terkait. Laporan harian di sampaikan dalam bentuk form. From berisi tentang identitas sample, jenis uji, hasil uji, dan informasi lain yang di perlukan.
  • Laporan mingguan laporan mingguan adalah rekapan hasil analisa laboratorium selama satu minggu, laporan ini dapat digunakan sebagai evaluasi kualitas proses produk setelatah satu minggu berjalan.
  • Laporan bulanan hasil analisa selama satu minggu di rekap dalam laporan yang sudah di print menggunakan komputer, data disajikan dengan pengelompokan jenis sample. Data di lengkapi rata-rata hasil selama 1 bulan, waktu penyampaian setelah semua hasil uji keluar.
  • Laporan yang bersifat urgent atau penting untuk mempercepat pelaporan hasil analisa, laporan di sampaikan lewat telpon. Laporan secara tertulis dibuat sesegeramungkin setelah laporan tersebut disampaikan. Laporan hasil analisa yang menyimpang di sertai dengan form Corrective Action sebagai tindakan perbaikan.

Dari semua cara diatas, intinya adalah bagaimana cara terbaik untuk menerapkan dan menjamin mutu hasil analisa kita sehingga kita bisa melakukan kalibrasi loboratorium dengan mudah dan tentunya semua hasil produk yang telah di analisa dapat terjamin mutunya.

So?... Lakukan saja langkah-langkah diatas. semuanya mungkin tambak rumit. Tapi, jika anda melaksanakanya satu persatu maka semuanya jadi mudah.

Just do it!!!

NB: Jika anda membutuhkan Training Analisa Antibiotik, Industri-General Trade Laboratory Chemical, Reagent Antibiotik, Equipment Supply bisa hubungi kami di 081331070937 / 03171830322. Terimakasih.

Salam Analist

0 komentar:

Posting Komentar