Minggu, 20 Desember 2009

APA SIH ANTIBIOTIC ITU????......

Diahir tahun 2000an maraknya isu antibiotik pada produk seafood semakin rame. Apa lagi sempat ada larangana dari Uni Eropa terkait dengan di temukannya antibiotik pada udang lebih dari 0.3 ppb, semua seafood yang masuk ke Uni Eropa harus bebas dari antibiotik, oleh sebab itu seluruh unit pengolahan ikan di seluruh Indonesia berusaha untuk melakukan uji antibiotok sebelum produk olahanya di ekspor ke Uni Eropa.

Ada yang melakukan Uji Antibiotic di laboratorium pemerintah dan ada juga yang melakukan uji Antibiotic di laboratorium di unit pengolahan sendiri setelah mengikuti trening antibiotic secara independen. Nah, sudah bisa Uji Antibiotik sendirikah di perusahaan unit laboratorium anda? bila belum segera hubungi kami CV. Pratama Hartono Indonesia untuk Trening Analisa Antibiotic, selain dapat materi tentang analisa antibiotic kami juga akan mengajarkan teknik-teknik analisa Antibiotic, dengan cepat dan akurat, serta akan kami ajarkan juga cara penerapan HACCP di unit pengolahan, dan bonus soft ware Antibiotic, dan masih banyak bonus-bonus yang lainya.

Baiklah saya tidak akan panjang lebar bercerita disini, kita mulai saja dengan bahasan tentang apa sih antibiotik itu?

Antibiotik adalah senyawa kimia yang dapat membunuh atau menghambat pertumbuhan mikroorganisme. Bila dimaksudkan untuk kelompok organisme yang khusus maka sering digunakan istilah-istilah seperti antibakteri, antifungi, dan sebagianya (Frazeir dan Westhoff 1988). (Metting and Pyne 1986)Menyatakan bahwa antibiotik adalah komponen antimikroba yang di hasilkan secara alami oleh organisme dan bersifat toksik bagi mikroalga, bakteri, fungi, virus atau protozoa.

Istilah antibiotik sendiri berasal dari kata antibios yang berarti substansi yang dihasilkan oleh suatu mikroorganisme yang dalam jumlah kecil dapat menghambat pertumbuhan atau mematikan mikroorganisme yang lain. Penemuan antibiotik diawali oleh Alexander Fleming pada tahun 1928.

Antibiotik dapat berupa senyawa kimia sintetik atau produk alami. antibiotik sintetik dapat di hasilkan dengan membuat suatu senyawa yang sifatnya mirip dengan aslinya yang dibuat secara besar-besaran, sedangkan yang alami didapatkan langsung dari organisme yang menghasilkan senyawa tersebut dengan cara melakukan proses pengekstrakan. Bahan kimia yang dapat membunuh organisme di sebut cidal, seperti bactericidal, fungicidal, dan algicidal. sedangkan bahan kimia yang menghambat organisme disebut static, seperti bahan bacteristatic, fungstatis, algastatic.

Mengenai atibiotik pada udang biasanya di hasilkan secara alami dari mikroorganisme yang ada dalam selnya. Jadi apabila kadar antibiotik pada udang di bawah 0.1ppb, maka udang tersebut dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang ada dalam jaringan selnya secara efektif sehingga udang tersebut tidak menghasilkan antibiotik secara berlebihan, sehingga tidak membahayakan apabila di konsumsi. Biasanya untuk mengetahui berapa kadar Antibiotik yang terkandung pada udang biasanya di lakukan uji (CAP) Chloramphenicol, baik dilakukan uji di laboratorium sendiri maupun di laboratorium DKP.

Nah, sekarang sudah tahukan apa itu antibiotik? bila masih bingung boleh tanya lewat "blogger ini". Ok sampai disini dulu pembahasan kita kali ini, semoga artikel ini bisa membantu anda.

NB: Jika anda membutuhkan Training Analisa Antibiotik, Industri-General Trade Laboratory Chemical, Reagent Antibiotik, Equipment Supply bisa hubungi kami di 081331070937 / 03171830322. Terimakasih.

Salam Analist.

0 komentar:

Posting Komentar