Kamis, 24 Desember 2009

Standar Ruangan Analisa Antibiotik

Tentunya kita semua tahu setiap orang pasti suka dengan kebersihan, terlebih lagi dengan ruangan tempat kita kerja, kalau tempat kerja kita bersih  pasti nyaman dan hasil kerjanyapun jadi berkualitas, tapi kalau ruangan tempat kita kerja kotor pasti tidak nyaman dan hasil kerja kitapun kurang baik karena merasa gelisah dan tidak nyaman. Nah, kali ini kita akan membahas standart loboratorium khususnya untuk raung analisa Antibiotik.
Sebelum kita membuat  ruang Anlisa Antibiotik yang bersih dan nyaman terlebih dahulu kita harus memiliki bangunan Loboratorium yang baik. Persyatan sarana loboratorium yang baik antara lain:
  1. Standar jenis bangunan/dinding terbuat dari bahan yang tidak mudah terbakar, tahan terhadap bahan kimia, mudah di bersihkan dan tidak terbuat dari bahan yang mengkilap.
  2.  Sistem penyekatan ruang disyaratkan dapat menghindari adanya kontaminasi silang dari ruangan atau bahan lain terhadap sample yang diuji. 
  3. Ventilasi Udara menggunakan blower diatas ruang analisa sehingga sirkulasi udara di dalam ruang analisa berjalan baik, tidak menyebabkan akumulasi bau kotoran, residu bahan kimia atau mikroorganisme.
  4.  Suhu ruangan berkisar antara 18-25 derajat celcius, kelembaban udara tidak pengap berkisar antara 70-80 derajat celcius dan tidak menyebabkan tumbuhnya jamur.
  5. Standar keamanan dan keselamatan kerja harus terjaga dengan baik, adanya tabung pemadam kebakaran, spray water, terutama jika terjadi kecelakaan kerja seperti personil tersiram bahan kimia atau terbakar dan lain sebagainya.
Standar Ruang Analisa Antibiotik
  1. Ruang Anlisa Antibiotik terpisah dengan ruang uji Mikrobiologi, ruang preparasi, ruang uji kimia dan tertutup dengan udara dari luar.
  2. Penempatan tabung Gas Nitrogen tidak lansung kelantai tapi ada alas sebagai pembatas, ini untuk menghindari penggumpalan gas nitrogen bila terkena air pada bagian bawah lantai.
  3. Pembuang Gas Nitrogen melalui selang  langsung keatas menuju udara bebas jangan di buang ke samping ruangan atau di dalam ruangan, karena bisa meyebabkan kemandulan bila kehisap dalam jumlah yang banyak khususnya untuk perempuan.
  4. Bila pengeringanya menggunakan Evaporator, setiap 3 hari sekali di lakukan pencucian dengan cara mengalirkan Aquadest ke bagian tabungnya, agar residu yang menempel pada sisi tabung bisa larut dan terbuang melalui aliran air tersebut .
  5. Panjang selang untuk pengeringan di sesuai dengan jarak waterbath ke sample.
  6. Ruang Antibiotik harus selalu tertutup agar selalu bersih dan steril.
  7. Selalu membersihkan ruangan antibiotik sebelum Analisa dan setelah Analisa agar ruang selalu bersih.
Nah, bila ruangan analisa di pabrik anda belum sesuai dengan standart, sekarang saatnya mulai perbaikan dengan cara mengusulkan kepada atasan anda untuk melakukan perbaikan Standart Loboratorium demi kemajuan perusahaan anda. Kata orang bijak 1 usulan yang anda ajukan hari ini akan membawa perusahaan anda lebih maju 10 kali lipat dimasa yang akan datang.
Sekali lagi, Ide dan kemampuan anda memperbaiki standart di perusahaan sangat menentukan karir dan kesuksesan anda dimasa yang akan datang.

NB: Jika anda membutuhkan Trening  Analisa Antibiotik, Industri-General Trade Laboratory Chemical, Reagent Antibiotik, Equipment Supply bisa hubungi kami di 081331070937 / 03171830322. Terimakasih.

Salam Analist

0 komentar:

Posting Komentar