Minggu, 13 Desember 2009

Analisa Antibiotik Nitrofuran (AOZ) Pada Udang / Rajungan

Disamping ini adalah gambar udang yang akan di Uji Antibiotik, sebelum di uji usahakan suhu udang antara 18-20 derajat celcius.
Seperti biasanya hal-hal yang harus di perhatikan sebelum melakukan Analisa sebagai berikut:
  • Perhatikan tanggal batas pemakaian tes kitts.
  • Jangan mencampur media kitts dari box kitts yang berbeda perhatikan nomor lott setiap box.
  • Perhatikan suhu ruang laboratorium harus di bawah 20 derajat celcius.
  • Usahakan pada saat analisa antibiotik tidak di bawah AC secara langsung.
  • Selalu menggunkan standart 1-6 sebagai pembanding hasil analisa.
  • Mengelurkan teskitts yang mau digunkan 20 menit sebelumnya.
Analisa Nitrofuran (AOZ)
Preparasi Sample
  1. Kelurkan sample (udang) yang akan di analisa dari kulkas
  2. Timbang sample (udang) 50 gr, kemudian di blender sampai halus
  3. Ambil 1 gr sample yang sudah halus, masukan kedalam tabung berukuran 10 ml lalu tambahkan 0.5 Sample Extration buffer + 3,5 ml Distilled Water + 0.5 ml 1 M HCL + 20ul mM 2-Nitrobenzaldehyde, Vortex selama 1 menit.
  4. Incubasi selama 3 jam pada suhu 500C, Vortex setiap 30 menit. Vortex di sini berguna untuk menghomogenkan media secara rata dan mempercepat hasil incubasi.
  5. Tambahkan 5 ml 0.1 K2HPO4 + 0.4ml 1M NaOH + 6 ml ethyl acetate, kemudian Vortex selama 1 menit sampai homogen.
  6. Centrifugal selama 10 menit pada suhu ruang di bawah 200C.
  7. Setelah Centrifugal secara rata ambil 3 ml Supernatant ethyl acetate kemudian pindahkan kedakam tabung lain yang berukuran 6 ml, kemudian di keringkan di atas Aliran Gas Nitrogen pada suhu 600C dengan menggunkan waterbath.
  8. Setelah kering Larutkan Residu hasil pengeringan supernatant tadi dengan menggunakan 1 ml n-hexan, Vortex dan + 1 x Sample Extration Buffer dan fortex kembali.
  9. Setelah itu di Centrifugal selama 10 menit (4000 G)
  10. Jika setelah Centrifugal masih terbentuk foam (busa) dan belum jernih maka lakukan pemanasan kembali di atas waterbath pada suhu 80 derajat celsius, selama 1 menit.
  11. Setelah jernih ambil 50ul cairan yang ada di atas untuk di uji kedalam well yang berantibody.
Nah, diatas tadi tahapan dalam preparasi sample. Oiya kita juga bisa menghentikan analisa kita sampai di sini, apabila waktu kita sangat terbatas, bisa di lanjutkan untuk keesokan harinya, Dengan catatan hasil preparasi tertutup rapat dan di simpan di suhu -4 derajat celcius. penyimpanan sample tersebut bertahan hingga 3 hari. lebih dari tiga hari sample akan rusak. bila waktu kita masih panjang kita bisa lanjutkan analisa ke tahap berikutnya:
  • Keluarkan Reagent Kitts dari kulkas + 20-30 menit sbelum analisa di mulai, sampai suhu kitts yang akan di uji menyamai suhu ruang ( 20-250C )
  • Keluarkan Well dari tempatnya sesuai dengan jumlah sample dan standart yang di uji (Jangan biarkan Well terlalu lama terbuka pada udara udara bebas)
  • Masukan 50ul larutan standart dan 50ul Sample kedalam masing-masing Well yang sudah di siapkan
  • Setelah itu tambahkan kedalam masing-masing Well 100ul AOZ Antibody#1 dan di homogenkan dengan cara menggoyangkan Plat tersebut kurang lebih 10 detik setalah itu di Incubasi selama 30 menit (Tanpa cahaya) pada suhu ruang (20-250C).
  • Setelah di Incubasi selama 30 menit, buang reagent yang ada dalam Well tersebut dan di lakukan pencucian dengan 250ul 1xWashing Solution (yang sudah di encerkan 1+20), hal ini di lakukan sebanyak 3 kali.
  • Kemudian tambahkan 150ul 1xAntibody#2 dan di Incubasi selama 30 menit pada suhu ruang (20-250C). kondisi ruang gelap (Tanpa cahaya)
  • Setelah 30 menit di Incubasi, buang reagent yang ada di dalam Well tersebut dan lakukan pencucian dengan 250ul 1xWashing Solution (yang sudah di encerkan 1+20), hal ini di lakukan sebanyak 3 kali.
  • Tambahkan 100ul TMB Substrat kedalam setiap Well dan Incubasi selama 30 menit.
  • Setelah selesai Incubasi tambahkan 100ul Stop Buffer kedalam setiap Well dan baca Absorbance-nya dengan menggunakan Reader Stat Fax 450.
  • Setelah terbaca hasil Absorbance-nya, kemudian kita masukan hasil Absorbance-nya kedalam Software Antibiotic yang sudah di instal ke komputer.
Nah, baru saja kita telah menyelesaikan Analisa AOZ, silakan anda coba dan beritahu saya bagaimana hasilnya. Keberhasilan Analisa di tentukan oleh keahlian kita sebagai seorang analist, oleh karena itu berlatih dan teruslah berlatih agar bisa mendapatkan hasil uji yang sesuai dengan standart. Bagaimana anda siap untuk berlatih?

NB: Jika anda membutuhkan Training Analisa Antibiotik, Industri-General Trade Laboratory Chemical, Reagent Antibiotik, Equipment Supply bisa hubungi kami di 081331070937 / 03171830322. Terimakasih.

Salam Analist.

5 komentar:

  1. inkubasi 25 C ke 30 C selama 7 hari, utk apa?
    inkubasi 30 C ke 35 C selama 7 hari, utk apa?

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Bapak arianto untuk analisa AOZ itu palaing lama 4 jam.dari mulai preparasi sampai pembacaan Absorbancenya. jadi tidak ada Inkubasi pada suhu 25 ke 30 derajat celcius selama 7 hari. oiya kalau boleh tahu bapak analisa AOZ pake metode apa?

    Rudi Hartono
    Salam Analist

    BalasHapus
  4. riyanto syahbana12 Mei 2010 pukul 21.56

    fungsi dr inkubasi tsb untuk apa?? thx

    BalasHapus
  5. Inkubasi adalah masa pertumbuhan bakteri pada suhu tertentu. jadi fungsi dari inkubasi menumbuhkan bakteri.

    BalasHapus