Kamis, 16 Desember 2010

Seperti Apa Laboratorium yang Ideal?

Banyak perusahaan berlomba memperbaiki mutu kualitas produk dengan sistem laboratorium yang baik. Ini sangat jarang saya temui saat pertama saya masih sekolah, waktu bekerja di perusahaan ikan atau bahkan saat mulai training antibiotik ini. Perubahan ini patut kita syukuri. Sebab semakin banyak perbaikan kualitas produk perikanan di setiap perusahaan akan semakin baik bagi negeri ini.

Banyak perusahaan seafood mulai melakukan pengujian antibiotik sendiri melalui laboratorium yang dimiliki perusahaan seperti analisa antibiotik CAP (Chloramphenicol), AOZ nitrofuran, dan AMOZ, yang tentunya hasil analisanya bisa di pertanggung jawabkan dan sesuai dengan standart perusahaan.

Ada juga perusahaan yang melakukan training dan pelatihan baik di dalam perusahaan atau di luar perusahaan. Adapula yang mengikuti seminar-seminar mengenai Training HACCP (Hazard Analysis and Critical Control Points) dan standart ISO (International Organization for Standardization).

Semua hal diatas adalah uapaya yang baik. Namun tahukah anda seperti apakah laboratorium yang ideal itu?

  • Punya SDM yang tak terbatas. Secara cepat kualitas produk akan baik, misal dari hasil analisa yang jelek (bakterinya banyak pada produk) menjadi sedikit. Seperti proses pengolahan di awasi oleh QC (Quality Control) dengan baik dan cara analisa yang sesuai mengasilkan produk yang berkualitas.
  • Tidak menghabiskan waktu. Betul pada awalnya perusahaan akan memberikan perhatian penuh pada setiap training yang dilakukan itu. Namun setelahnya perusahaan bisa dengan cepat memperoleh hasil analisa antibiotik pada produk yang akan di eksport.
  • Bisa berjalan sendiri. Tanpa harus di intuksikan pun, seorang analist laboratorium bisa berjalan sendiri.
  • Tanpa tekanan. Tanpa harus takut analisa atau hasil uji belum selesai team laboratorium sudah meyelesaikannya dengan tepat waktu dan tanpa ada tekanan dalam setiap analisa yang di lakukannya.
Apa laboratorium di perusahaan anda seperti kriteria di atas? atau anda juga mau menambahkan kriteria Laboratorium yang ideal lainnya?

Mari kita diskusikan....


NB: Jika anda membutuhkan Training Analisa Antibiotik, Industri-General Trade
Laboratory
Chemical, Reagent Antibiotik, Equipment Supply segera hubungi kami di 081331070937 / 03171830322. Terimakasih.


Salam Analist.



0 komentar:

Posting Komentar