Senin, 28 Desember 2009

HACCP Dalam Industi Pangan Bagian 1

Setiap industri pangan pasti mempunyai standart HACCP terlebih lagi industri perikanan yang menghasilkan (seafood) untuk di eksport, tentunya HACCP harus di terapkan dalam setiap pengolahan produk-produk yang akan di pasarkan ke luar negeri, dengan sebaik mungkin. Tentunya bagi anda yang bekerja khusunya bagian Quality Control tentunya tidak asing lagi dengan HACCP, dan mungkin sudah hafal di luar kepala. Oke sekedar mengingatkan lagi ingatan anda tentang apa itu HACCP silakan anda baca artikel ini sampai selesai.
HACCP kepanjangan dari Hazard Analisis Criptical Control Point, adalah suatau sistem jaminan mutu yang berdasarkan kepada kesadaran atau penghayatan bahwa hazard (bahaya) dapat timbul pada berbagai titik atau tahap produksi tertentu, tetapi dapat dilakukan pengendalian untuk mengontrolnya.
Keamanan produk merupakan persyaratan utama dan terpenting dari seluruh parameter mutu pangan yang ada. Seberapapun tinggi nilai gizi suatau produk makanan (seafood), betapa indah penampakannya, betapa lezat makanan tersebut, tetapi bila tidak aman, maka makanan tersebut tidak ada nilainya lagi.
Bahaya besar yang mengancam sebagian keamanan produk merupakan senyawa atau jasad renik, tidak tampak oleh mata. Karena bahaya tersebut cara penanggulanganya memerlukan pengetahuan yang mendalam mengenai sebab terjadinya gangguan keamanan produk, serta peralatan dan Laboratorium Antibiotik pangan yang memadai. HACCP merupakan wahana paling penting yang dapat membantu menjamin keamanan produk yang di produksi oleh industri pangan.
Karena keamanan produk menjadi acuan bagi perdagangan domestik maupun internasional, maka sangat penting bagi industri panagan mempelajari dan menerapkan secara sungguh-sungguh HACCP di setiap industri pangan khususnya industri perikanan. Tentunya jaminan keamanan pangan terus berkembang sesuai dengan persyaratan buyyer/ konsumen yang terus meningkat dan senada dengan kenaikan kulaitas hidup manusia. Hal ini menyebkan masalah keamanan produk menjadi sangat vital bagi industri dan bisnis pangan.
Tugas kita sebagi seorang analist laboratorium hendaknya mengetahui prisip-prisip dasar HACCP dan bisa menerapkanya dalam setiap tahapan analisa sehingga produk-produk yang di hasilkan oleh perusahaan benar-benar aman dan dapat di Jamin Mutunya.
Nah, sebegitu pentingnya HACCP untuk di terapkan di setiap perusahaan pangan, oleh karena itu pelajarilah HACCP dengan baik kemudian terepkan! Oke sampai disini dulu, selanjutnya akan saya lanjutkan HACCP Dalam Industri Pangan bagian 2, oleh karena itu teruslah bergabung "di blogger ini" untuk mendapatkan info-info terbaru.

NB: Jika anda membutuhkan Training Analisa Antibiotik, Industri-General Trade Laboratory Chemical, Reagent Antibiotik, Equipment Supply bisa hubungi kami di 081331070937 / 03171830322. Terimakasih.

Salam Analist

0 komentar:

Posting Komentar