Rabu, 23 Desember 2009

Metode Pencegahan Pertumbuhan Mikroba dan Metode Swab

Saat saya pertama kali belajar tentang ilmu biologi, guru saya bertanya kepada kami, di alam raya ini mahluk hidup apa yang pertumbuhanya sangat cepat? semua siswa terdiam sejanak tidak ada satupun yang berani menjawab, tapi tiba-tiba dari ujung sebelah kanan dua meja dari tempat saya duduk seorang gadis kecil dia menjawab Manusia pak sambil memegangi kancing bajunya, suasana kelas semakin tegagng dengan jawaban teman saya tadi, kemudia pak guru balik tanya kepada gadis kecil itu, kenapa manusia? gadis itu menjawab karena saya melihat manusia dari jaman kakek saya sampai saya sekarang ini enggak habis-habis pertumbuhan malah bertambah banyak pak, tetangga saya di rumah hamil setiap tahun sekali pak, berarti manusia semakin bertambah pak. mendengar jawaban dari gadis kecil tadi sontak seluruh ruang kelas tertawa....he...he.... ah dasar anak-anak ada-ada saja. Kemudia pak guru melanjutkan pelajaran dan menerangkan bahwa mahluk hidup yang pertumbuhannya sangat cepat adalah mikroba. Cerita diatas tadi hanya sebuah kenangan masalalu tentang pelajaran ilmu biologi sewaktu smp dulu, meski tidak lucu tapi mudah-mudahan bisa sebagai pembukaan pelajaran kita kali ini.


A. Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan mikroba / jasad renik
  1. Nutrien/gizi yaitu sumber nitrogen, carbon, energi, vitamin dan mineral
  2. Tresedianya air (water activity: Aw)
  3. Nilai pH
  4. Suhu, pada suhu diatas 5 derajat celcius mikroba mulai tumbuh
  5. Tersedianya Oksigen
  6. Komponen Antimikroba
B. Metode Pencegahan
  1. Memperhatikan kesegaran bahan baku pada saat pembelian
  2. Menghindarkan kontaminasi silang antara makanan mentah dengan makanan matang selama persiapan dan penyimpanan.
  3. Penanganan dan pengolahan pangan mengikuti prosedur yang benar dan baik
  4. Membersihkan tempat pengolahan dan penyimpanan dengan baik
  5. Menjaga peralatan, mesil dalam kondisi bersih dan sehat dengan melakukan pembersihan dan sanitasi dengan baik dan teratur
  6. Menjaga keberihan dan kesehatan karyawan yang menagani produk
  7. Menerapkan program cleaning dan sanitasi yang baik terhadap karyawan, sarana dan prasarana
  8. Memisahkan peralatan yang kotor dengan yang bersih serta antara peralatan raw dan cook produk
  9. sistem penanganan sampah organik, anorganikdan limbah yang baik.
  10. Sistem IPAL yang sesuai standar SNI.
Nah, dengan menerapkan metode yang tertulis diatas kita dapat mencegah pertumbukan Mikroba, dan selanjutnya kita melakukan "Monitoring dengan melakukan Uji Swab, ini tugas kita sebagai seorang Analist Laboratorium agar hasil produk sesuai dengan standart".
  • Swab Personal: Adalah suatu uji untuk mengetahui kondisi sanitasi dan higiene karyawan yang menagani produk (Ikan, Udang, dan Rajungan), "Parameter" yang di uji yaitu Uji TPC, Coliform, E.coli, dan Staphylococcus aureus untuk tangan, mulut, hidung, rambut, dan atribut kerja seperti baju proses, apron, sarung tangan, topi, dan sepatu proses.
  • Swab Peralatan Kerja: adalah suatu uji untuk mengetahui kondisi sanitasi dan higiene peralatan yang digunakan untuk proses produksi Ikan, Udang, dan Rajungan."Parameter" yang di uji yaitu Uji TPC, Coliform, E.coli dan jamur,untuk kranjang, box, fiber, meja, telenan, inner dan tutup inner, longpan, layer, dan koveyor dan lain-lain.
  • Swab Udara: adalah suatu uji untuk mengetahui kondisi sanitasi dan higiene lingkungan proses produksi Ikan, Udang, dan Rajungan. "Parameter" yang di uji yaitu uji TPC, Coliform, E.coli, dan jamur untuk lingkungan yang ada di dalam ruang produksi
  • Swab Uji Mikrobiologi Air RO dan Prigen serta Es Proses: adalah suatu uji untuk mengetahui kualitas mikrobiologi air dan es proses."Parameter" yang di uji yaitu Uji TPC, Coliform, E.coli dan kualitas bau air.
Nah, teman-teman kita baru saja belajar mengenai Metode pencegahan mikroba dan metode swab, jadi jangan takut dengan hal-hal baru atau cara-cara baru mengenai metode analisa, yang terpenting adalah kemauan kita untuk bisa menerima hal baru dalam hal apapun. Dengan mencoba saya yakin anda akan membuka dunia baru dan anda akan cepat berkembang khususnya untuk metode analisa. Bagaimana anda mau coba?..........


NB: Jika anda membutuhkan Trening Analisa Antibiotik, Industri-General Trade Laboratory Chemical, Reagent Antibiotik, Equipment Supply bisa hubungi kami di 081331070937 / 03171830322. Terimakasih.

Salam Analist

0 komentar:

Posting Komentar