Sabtu, 19 Desember 2009

Analisa Formalin


Pada pagi ini kita akan belajar mengenai Analisa Formalin. Sebelum kita memulai analisa Formalin alangkah baiknya saya sedit jelaskan tentang apa itu Formalin? sebegitu bahayakah Formalin bagi tubuh Manusia? mari kita simak ulasan berikut ini.
Formalin adalah larutan yang biasa digunakan untuk mengawetkan mayat atau spesimen binatang dan merupakan campuran metanal dan air. Konsentrasi metanal dalam larutan formalin berkisar antara 37-40%. Metanal adalah senyawa organik dengan rumus HCHO dan mempunyai gugus aldehida. Molekul metanal sangat ringan sehingga mudah menguap atau volatil. Biasanya metanal terdapat dalam bentuk gas dan sangat efektif. Walaupun begitu ketika metanal terdapat dalam air, maka akan bereaksi dengan air membentuk senyawa hidrat yang stabil. Senyawa ini kemudian akan bergabung satu sama lain membentuk polimer formaldehida yang kita kenal dengan Formalin. Karena proses tersebut larutan formalin stabil dan memiliki sifat seperti larutan air pada umumnya yaitu titik didih mencapai 100 derajat celcius.
Kenapa Formalin digunakan sebagai pengawet?
Secara alami larutan Formalin akan berpolimerisasi membentuk paraformaldehida. Oleh karena itu biasanya dalam larutan Formalin akan di tambahkan metanol sebanyak 10% metanol tersebut akan menghambat polimerisasi yang akan menghasilkan endapan paraformaldehida. Sebenarnya molekul monomerlmetal-lah yang secara efektif dapat mengawatkan. sehingga larutan Formalin yang kadarnya 37% diencerkan sebelum digunakan. Pengenceran akan memecah polimer formaldehida menjadi lebih kecil sehingga komponen larutan tersebut merupakan monomer formaldehida ini lah yang membuat makanan akan menjadi awat dan tahan lama.

Bahaya Formalin pada Manusia

Efek negatif Formalin pada manusia pun dapat di terangkan dengan mekanisme yang sama. Yaitu kemampuan monomer formaldehide untuk bereaksi dengan protein, DNA, RNA. Protein yang merupakan alat yang digunakan sel untuk melakukan aktivitasnya dari metabolisme, signaling, sampai pertahanan diri akan rusak strukturnya sehingga tidak dapat berfungsi seperti biasanya. Hal ini yang kemudian akan membuat sel dalam tubuh manusia tidak normal dan memicu kematian sel. Bila konsentrasi formalinya tinggi dan terpapar secara kontinu dalam jangka waktu yang lama, tubuh pun akan kewalahan dan hanya bisa mengkonversi sebagian kecil saja. sebagian besar yang tidak terkonversi itulah yanga akan berbahaya untuk ksehatan tubuh manusia yang bisa menyebabkan keracunan dan bahkan bisa menyebabkan kematian.
Ok...itu tadi sedikit gambaran tentang Formalin, bila anda ingin tahu lebih bayak tentang formalin, bisa bertanya di "blog" ini atau bisa kirim e-mail ke rudi_phi11@yahoo.com. biar tidak terlalu lama saya cerita di sini mari kita lansung saja mulai analisa Formalin.
Analisa Formalin
ada beberapa cara untuk analisa Formalin, disini saya hanya akan melakukan analisa dengan menggunakan kitts.

Preparasi Sample
  1. Siapkan sample yang akan di uji formalin
  2. Timbang sample 100gr, lalu haluskan sample
  3. Kemudian masukan Sample ke dalam Erlemayer berukuran 50 ml
  4. Masukan Aquadest kemudian homogenkan, goyangkan erlemayer sampai tercampurata kurang lebih 3 menit.
  5. Kemudian Voretex selama 5 menit, diamkan selama 3 menit.
  6. Ambil larutan bagian atas untuk di filtrasi dengan kertas saring Whatman #1 dan menjadi (Sample Terfilter)
  7. Kelurkan media Kitts Formalin
  8. Pindahkan hasil Sample Terfilter kedalam tabung baru berukuran 5ml
  9. Tambahkan larutan #1 Formalin, 3 tetes kocok sampai homogen lebih kurang 1 menit
  10. Kemudian tambahkan larutan #2, 3 tetes, homogenkan lagi dengan cara menggoyangkan tabung kurang lebih 1 menit
  11. Kemudian baca dengan Indikator Formalin yang berupa warna.
NB: bila warna terfilter burubah menjadi "ungu" berari Positf Formalin bila warna terfilter tidah berubah dan masih sesuai warna aslinya maka sample tersebut Negatif.
Nah, itu salah satu cara analisa Formalin, tapi sebenarnya masih banyak cara atau analisa Formalin yang lebih mudah. mudah-mudahan artikel in bermanfaat untuk kita semua. anda masih penasaran mengenai formalin? ungkapkan penasaran anda dengan mengisi komentar di blog ini.

NB: Jika anda membutuhkan Training Analisa Antibiotik, Industri-General Trade Laboratory Chemical, Reagent Antibiotik, Equipment Supply bisa hubungi kami di 081331070937 / 03171830322.

Salam Analist.

0 komentar:

Posting Komentar