Minggu, 03 Januari 2010

Peraturan HACCP di Dunia Internasional

Dalam keamanan pangan metode HACCP wajib untuk di terapkan. begitupula dalam peraturan-peraturan tentang pangan di seluruh dunia HACCP telah menjadi standart untuk di terapkan di seluruh unit pengolahan pangan.

Seperti di Amerika Serikat FDA (Food Drug Administration) telah mengelurkan peraturan-peraturan yang mencantumkan agar produk-produk daging, perikanan, unggas yang di eksport ke Amerika Serikat di olah dengan sistem yang menerapkan metode HACCP. Pada Tahun 1995, FDA juga mengusulkan perusahaan-perusahaan penghasil sari buah dan sayur menerapkan sistem HACCP. Sejak tahun 1992, The National Advisory Committee on Microbiological Criteria for Foods (NACMCF) telah memasukan prinsip-prinsip umum dan penentuan HACCP sebagai dari saran-saran yang mereka keluarkan.

NACMCF juga telah menegaskan bahwa pememrintah harus berperan untuk mengeluarkan peraturan yang mewajibkan penerapan syarat-syart HACCP, memastikan bahwa penerapan HACCP dapat dilaksanakan sesuai dengan prinsip-prinsip umum dan penuntun HACCP, mengelurkan batas kritis yang diwajibkan jika perlu dan memastikan bahwa setiap rencana penerapan HACCP dibuat cukup untuk memadai untuk menjamin keamanan pangan. (Sumber HACCP Trening manual Indonesia).

Peraturan HACCP di Dunia Internasional khususnya untuk unit pengolahan perikanan wajib untuk di terapkan. Penerapan HACCP di Indonesia di setipa unit pengolahnan harus terus di perhatikan, perlunya trening-trening eksternal tentang HACCP harus terus di galakan agar dapat memahami dan mengerti prinsip-prinsip yang terkandung di dalam HACCP. Contohnya dengan mengikuti trening di CV. Pratama Hartono Indonesia anda akan mengetahui tentang cara-cara penerapan dan pelaksanan HACCP di unit pengolahan ikan. Dengan menerapkan peraturan-peraturan HACCP di harapkan produk olahan yang di hasilkan benar-benar terjamin mutunya. Nah, dibawah ini adalah peraturan-peraturan yang di terapkan oleh negara-negara yang mengimort hasil perikanan dari Indonesia.

Karena produk hasil penolahan perikanan dari Indonesia banyak di eksport ke negara Eropa maka kita mulai dari negara Eropa dulu tentang peraturan HACCP di Eropa.

Peraturan HACCP di Uni-Eropa

Di Uni Eropa, sebuah peraturan yang baru telah di keluarkan. Peraturan 93/94 dan 16 peraturan yang lainya telah di ganti dengan peraturan yang baru hasil penyelarasan bersama yaitu peraturan tentang Higiene Bahan Pangan (Regulation on the Hygiene of Foodstuffs).

Peraturan baru ini menekankan juga pentingnya HACCP. Pada kata pengaantarnya terdapat kalimat:

  • ..." (10) Prinsip-prinsip yang telah di tetapkan dalam peraturan 93/94EEC dengan ini dapat dianggap sebagai landasan yang umum untuk produk yang higenis untuk semua bahan makanan termasuk produk-produk yang berasal dari hewan yang terdapat pada Annex I dari kesepakatan bersama.
  • ..." (16) Keamanan pangan adalah hasil dari beberapa faktor termasuk dari detil-detil dalam persyaratan yang di wajibkan, implementasi program-program keamanan pangan yang telah diakui dan dilaksanakan oeh operator-operator industri makanan dan penerapan sistem Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP)"......

Meneurut pasal 5 yang berjudul "Hazard analysis and critical controlpoint sistem" peraturan yang melandasi prinsip-prinsip tersebut harus dilaksanakan dan menerapkan metode HACCP. Pasal tentang peraturan ini menekankan pada bukti. Dengan demikian operator harus menyusun prosedur dan dokumen yang memverifikasi evisiensi dan mencatat informasi tersebut.

Pada Bab XXI dari Annex II" General Requirement applying to all food bussinesses (Except Prymari Production)" Peraturan terebut menjelaskan bahwa operator industri pangan harus menjamin bahwa orang-orang yang bertanggung jawab untuk pengembangan dan pemeliharaan sistem HACCP dalam industri pangan harus memperoleh Pelatihan yang cukup tentang prinsip-prinsip HACCP. (Sumber HACCP Traning Manual Indonesia).

Nah, diatas tadi adalah peraturan HACCP di Uni Eropa dan tentunya masih banyak lagi peraturan-peraturan yang lain yang tidak cukup kalau kita bahas disini. Oleh karena itu pelajarilah dan ikutilah trening-trening tentang HACCP. Kalau sudah mengikuti trening HACCP terapkanlan prinsip-prisipnya agar produk-produk hasil olahan sesuai dengan standar HACCP.

Untuk peraturan-peraturan HACCP di negara-negara lain akan saya bahas pada topik berikutnya, oleh karena itu terus kunjungilah "bloger ini". Sudah menerapkan sistem HACCP di unit pengolahan anda?

NB: Jika anda membutuhkan Training Analisa Antibiotik, Industri-General Trade Laboratory Chemical, Reagent Antibiotik, Equipment Supply bisa hubungi kami di 081331070937 / 03171830322. Terimakasih.

Salam Analist

0 komentar:

Posting Komentar