Sabtu, 09 Januari 2010

Antibiotic Alami dari Laut

Antibiotik yang terdapat pada rajungan, udang dan ikan biasanya di timbulkan oleh dua foktor yaitu faktor alami dari tempat hidup mahluhluk itu sendiri, dan faktor non alami yaitu pada saat proses pengolahan. Nah, kali ini saya akan mengetengahkan topik Antibiotic yang timbul secara alami dari laut.

Di tahun 2000an ini banyak peneliti yang fokus dalam penelitian Antibiotik alami dari laut. Karena selain sebagai sumber pangan, laut juga sebagai sumber obat. Penelitian para ahli kebanyakan mengarah ke arah kesehatan dalam hal ini farmasi yang bertujuan untuk mengantisipasi masalah issue mengenai ressistensi antibiotic pada bakteri. Antibiotik Alami merupakan bahan antibiotik yang berasal dari hasil alam. Contohnya seperti tanaman, umbi-umbian, hewan maupun mikroorganisme, baik dari darat maupun dari laut.

Bahan-bahan aktif sebagian besar terdistribusi dalam organisme laut. Timbulnya Antibiotik alami dari laut oleh Metazoa lautan yang mempunyai potensi terhadap bahan-bahan aktif antimikroba diantaranya spons, karang lunak, alga merah, rumput laut algagae dan lain-lain. Terlebih baru-baru ini spons menjadi perhatian para peneliti produk alam, spons yang saya maksud disini bukan sponsbob yang bisa bikin kita tertawa he..he..tapi spons antibiotik yang mengadung senyawa-senyawa aktif.

Senyawa-senyawa antimikroba yang terdapat pada spons diantaranya aeroplisinin-1 yang terdapat pada jenis Psuedocerrasina dan Verongia Aeroppbha (Martin1992, yang dikutip Murniasih dan Satiri, 1999). dan minale (1994) berhasil mengisolasi senyawa antimikroba acanthellin-1 dari jenis Acanthella acuta. Kandungan bioaktif yang berasal dari laut untuk menanggulangi masalah penyakit pada budi daya perikanan antara lain kandungan bioaktif dari spons untuk menanggulangi penyakit bakteri, jamur dan antibiofouling yang memberikan solusi yang cukup menggembirakan untuk penelitian antibiotik dimasa yang akan datang.

Nah, dengan di temukannya kandungan bioaktif pada spons kedepanya masalah antibiotik pada produk makanan (sefood) tidak perlu di risaukan lagi karena bisa di cegah dengan cara membuat spons secara alami agar kandungan bioaktifnya bisa menanggulai semua bakteri yang menimbulkan munculnya antibiotik.

Baiklah bagai mana menurut anda? silakan sampaikan komentar anda dan mari kita diskusikan. oiya materi tentang Antibiotik non alami akan saya bahas pada topik selanjunya.

NB: Jika anda membutuhkan Training Analisa Antibiotik, Industri-General Trade Laboratory Chemical, Reagent Antibiotik, Equipment Supply bisa hubungi kami di 081331070937 / 03171830322. Terimakasih.

Salam Analist

0 komentar:

Posting Komentar