Selasa, 26 Januari 2010

Konsep Laboratorium Antibiotik

Dengan adanya peraturan tentang HACCP di setiap proses pengolahan tentunya konsep laboratoruim antibiotik juga harus di siapkan agar dapat menyesuaikan dengan standart yang ada di HACCP. Setiap kegiatan laboratorium adalah menghasilkan produk uji. Produk uji dapat di pertanggung jawabkan apabila mempunyai akurasi atau ketepatan sesuai dengan standart yang telah di tentukan. Untuk mendapatkan hasil uji yang sesuai dengan standat di perlukan bahan kimia serta alat-alat laboratorium yang mendukung dalam analisa, terutama sumber daya manusianya sendiri (Personil Analist Laboratorium). Nah, agar kegiatan uji di laboratorium selalu berjalan dengan baik kita bentuk dulu sumberdaya manusianya.

  1. Jumlah Analist laboratorium harus di sesuaikan dengan seluruh kegiatan uji yang ada (jumlahnya sesuai dengan uji sample yang ada)
  2. Analist laboratoriumyang melakukan uji khusus di bidang teknis harus sehat.
  3. Pendidikan formal, Pelatihan yang pernah di ikuti serta pengalaman kerja dalam laboratorium khususnya tentang analisa antibiotik.
  4. Setiap personil harus memiliki uraian tugas yang jelas ( mengerti tugasnya dengan baik)
  5. Analist laboratorium harus selalu katif menambah pengetahuan yang terkait masalah uji melalui trening-trening Internal dan eksternal seperti mingikuti trening di CV. Pratama Hartono Indonesia ini akan menambah pengetahauan dan wawasan tentang konsep Laboratorium Antibiotik.
  6. Bentuk pengalaman maupun pelatihan yang pernah di ikuti harus terdokukentasi dan diinformasikan ke personil lain.
  7. Integritas analist laboratorium tidak boleh terpengaruh oleh sesuatu yang dapat mempegaruhi hasil uji yang di keluarkan.
  8. Dalam konsep laboratorium antibiotik harus mempunyai program peningkatan kemampuan, pengetahuan, serta keterampilan analist secara berkala.

Dengan Sumber Daya Manusia yang memadai diharapkan setiap hasil kegiatan uji laboratoium bisa sesuai dengan standart yang di harapkan, dan tentunya Konsep Laboratorium Antibiotik akan berjalan sesuai dengan yang di harapkan.

Sampai disini dulu pembahsan mengenai Konsep Laboratorium, dilain waktu akan saya lanjutkan. bila ada pertanya share di blogger ini dan mari kita diskusikan.


NB: Jika anda membutuhkan Training Analisa Antibiotik, Industri-General Trade Laboratory Chemical, Reagent Antibiotik, Equipment Supply bisa hubungi kami di 081331070937 / 03171830322. Terimakasih.

Salam Analist





0 komentar:

Posting Komentar