Jumat, 29 Januari 2010

Penyebab Pembusukan Pada Seafood

Penyebab pembusukan pada hasil olahan kususnya seafood terjadi karena beberaa faktor yang menyebabkan kerusakan stuktur daging ikan atau udang pada saat pengolahan dan masa penyimpanan.

Pada setiap daging hasil olahan terdapat enzim, enzim merupakan senyawa protein yang berfungsi sebagai katalis biologis yang dapat mengendalikan berbagai reaksi biokimia yang terdapat di dalam jaringan hidup. Enzim yang berada di dalam daging ikan atau udang bisa tumbuh secara alami dan bisa juga tumbuh karena kontaminasi daging ikan atau udang tersebut oleh mikroba, yang menyebabkan perubahan warna daging dan menimbulkan bau tidak sedap, dan tekstur pada daging hasil olahan menurun nilai mutunya.

Dibawah ini beberapa foktor yang menyebabkan proses pembusukan pada seafood:

  1. Pertumbuhan dan aktivitas mikroba yang tidak dapat di kendalikan
  2. Aktivitas enzim yang terdapat pada daging hasil olahan
  3. Aktivitas parasit
  4. Kandungan air dalam bahan pangan
  5. Suhu yang tidak stabil
  6. Tempat penyimpanan dan penyusunan
  7. Waktu penyimpanan

Nah, dari ketujuh penyebab pembusukan pada daging hasil olahan tersebut kita bisa tarik kesimpulan bahwa setiap hasil olahan harus benar-benar di perhatikan di setiap tahapannya, agar hasil olahan tidak terjadi pembusukan sebelum waktunya. Bagai mana ada cara lain? share di blogger ini.....


NB: Jika anda membutuhkan Training Analisa Antibiotik, Industri-General Trade Laboratory Chemical, Reagent Antibiotik, Equipment Supply bisa hubungi kami di 081331070937 / 03171830322. Terimakasih.

Salam Analist

0 komentar:

Posting Komentar