Senin, 18 Januari 2010

Histamin Pada Ikan Tuna

Sebelum kita membahas Histamin pada ikan tuna saya mau tanya pada anda semua sudahkah anda makan ikan tuna? kalau belum saatnya untuk mencoba makan daging ikan tuna biar tidak penasaran lagi he..he.... Nah, sekarang mari kita mulai membahas Histamin Pada daging ikan tuna.

Histamin adalah senyawa yang terdapat pada daging ikan dari famili scombroidae, subfamili scombroidae, atau ikan lain yang telah membusuk yang di dalam dagingnya terdapat kadar histidin yang tinggi. Histamin di dalam daging diproduksi oleh hasil karya enzim yang mengakibatkan pemecahan histidinya itu enzim histidine dekarboksilase. Melalui proses dekaborksilase (pemotongan gugus karboksil) terbentuklah Histamin.

Histidin bebas yang terdapat di daging ikan tuna erat sekali hubungannya dengan terentuknya histamin dalam daging. Semua ikan dengan kulit halus dan daging yang berwarna gelap tinggi kandungan histidin bebasnya. Kandungan histitin bebas dalam daging ikan tuna segar lebih sedikit dari pada ikan tuna yang akan membusuk. Sebaliknya ikan-ikan yang berdaging warna putih rendah kandungan histidin bebasnya dan ketika daging tersebut mulai membusuk tidak menghasilkan histamin setelah dibiarkan 48 jam pada suhu 25 derajat celcius.

Nah, bagaimana setujuhkah anda dengan saya?....

bila ada pertanyaan share di blogger ini.

NB: Jika anda membutuhkan Training Analisa Antibiotik, Industri-General Trade Laboratory Chemical, Reagent Antibiotik, Equipment Supply bisa hubungi kami di 081331070937 / 03171830322. Terimakasih.

Salam Analist

1 komentar:

  1. dri artikel ni bahwasanya daging merah lebih tinggi kadr histminx,faktor ap yang mempengaruhinx,,thanks,,bisa di blas ke nmr 085399128396,,

    BalasHapus