Jumat, 08 Januari 2010

Konsep Dasar HACCP

Dalam industri pengolahan ikan HACCP sudah merupakan standart yang harus diterapkan, agar hasil olahan terjamin mutunya. Dengan menerapkan standart HACCP berarti perusahaan anda sudah berpartisipasi dalam menjamin keamanan pangan di dunia. Nah, kali ini saya akan bahas tentang konsep dasar HACCP.

Codex Alimentarius Commission menjabarkan sistem Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) sebagai berikut:

  • Suatu sistem yang memiliki landasan ilmiah dan secara sistemtis mengidentifikasi potensi-potensi bahaya tertentu serta cara-cara pengendaliannya untuk menjamin keamanan pangan.
  • Sebuah alat yang memperkirakan potensi bahaya dan menentukan sistem penegendalian yang fokus pada pencegahan terjadinya bahaya dan bukanya sistem yang semata-mata bergantung pada pengujian produk ahir.
  • Sebuah sistem yang mampu mengakomodasi perubahan-perubahan seperti perkembangan dalam rancangan alat, cara pengolahan atau perkembangan teknologi.
  • Sebuah konsep yang dapat di terapkan pada seluruh rantai makanan dari produksi primer hingga konsumsi ahir, dimana penerapan di pandu oleh bukti-bukti ilmiah tentangg resiko terhadap kesehatan manusia.

Konsep dasar HACCP yang di sebutkan Codex Alimentarius Commission diatas merupakn konsep dasar HACCP yang harus di pahami dan di terapkan di setiap unit pengolahan. Dengan memahami konsep dasar HACCP diharapkan di seluruh unit pengolahan ikan dapat memperbaiki cara pengolahan dari mulai awal penerimaan bahan baku samapai finist produk. Dengan memberikan bekal melalui trening-trening di harapkan seluruh karyawan khususnya operator yang menjalankan tugasnya di dalam proses produksi bisa memahami dan menerapkan sesuai standart HACCP.

Dalam penerapan HACCP, Codex Alimentarius Commission menyebutkan bahwa:

  • Penerapan HACCP yang berhasil memerlukan komitmen yang utuh dan keterlibatan manajemen serta kerja keras.
  • Hal tersebut memerlukan pendekatan secara multidisipliner, termasuk keahlian yang sesuai di bidang agronomi, kesehatan veteriner, produksi, Mikrobiologi,obat-obatan, kesehatan masyarakat, teknologi pangan, kesehatan lingkungan, kimia dan rekayasa.
  • Penerapan sistem HACCP sesuai dengan penerapan sistem management kualitas seperti seri ISO 9000 dan merupakan sistem pilihan diantara sistem-sistem pengolahan keamanan pangan.

Nah, diatas tadi merupakan konsep dasar HACCP, mudah-mudahan setelah anda membaca konsep HACCP penegtahuan anda bertambah serta jangan lupa untuk menerpakannya. Sekarang yang jadi pertanyaannya sudah siapkah menerapkan metode HACCP di unit pengolahan anda?

NB: Jika anda membutuhkan Training Analisa Antibiotik, Industri-General Trade Laboratory Chemical, Reagent Antibiotik, Equipment Supply bisa hubungi kami di 081331070937 / 03171830322. Terimakasih.

Salam Analist

0 komentar:

Posting Komentar