Selasa, 02 Februari 2010

Konsep Analisa Mikrobiologi

Analisa mikrobiologi hanya bisa dilakukan dengan bantuan mikroskop dan kemampuan untuk mengisolasi dan menumbuhkan kultur murni pada media agar yang sudah biasa dilakukan oleh perusahaan perikanan. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas konsep analisa mikrobiologi pada produk seafood di unit pengolahan.

Setiap proses produksi baik ikan, udang maupun rajungan selalu melalu tahapan pencucian dengan air dan garam, oleh karena itu hasil proses produksi selalu terdapat mikroba karena selalu bersentuhan dengan air lansung, karena air merupakan tempat kontaminasi produk dengan bakteri atau patogen lainya. Agar kita dapat melihat seberapa banyak bakteri yang tumbuh pada produk hasil olahan kita lakukan analisa TPC (Total Plate Count).

Analisa TPC merupakan bagian dari konsep analisa mikrobiologi dengan cara konvensional yang banyak di lakukan oleh perusahaan perikanan. Dengan analisa TPC kita bisa mengetahi seberapa besar bakteri yang ada pada produk yang diolah, dengan mengetahi hasil analisa TPC dilaboratorium, kita bisa melakukan perbaikan-perbaikan di unit pengolahan secara perlahan dan bisa menerapkan CCP pada bagian proses yang menimbulkan tumbuhnya bakteri patogen. Dengan adanya konsep analisa mikrobiologi ini diharapkan finish produk yang akan di eksport dapat memenuhi standart yang diharapkan. Dalam hal ini tentunya peranan QC (Quality Control) sangat diutamakan karena dengan adanya pengawasan dari team QC dilapangan diharapkan proses produksi berjalan sesuai dengan standart dan bakteri pada hasil olahan dapat di minimalkan, sehingga produk hasil olahan benar-benar terjamin mutunya.

Sebagus apapun konsep analisa mikrobilogi tidak akan berjalan dengan baik apabila tidak didukung oleh seluruh team produksi, oleh karena itu bersatulah untuk mendapatkan hasil produk yang sesuai dengan standart. Bagaimana kawan ada yang mau menambahkan? share di blogger ini.


NB: Jika anda membutuhkan Training Analisa Antibiotik, Industri-General Trade Laboratory Chemical, Reagent Antibiotik, Equipment Supply bisa hubungi kami di 081331070937 / 03171830322. Terimakasih.

Salam Analist



2 komentar:

  1. hei..hei.. tolong detail untuk uji TPC apa tips n triknya supaya hasilnya tetap akurat juga CCP-nya thnx

    BalasHapus
  2. he..he.. sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas komentarnya. Untuk uji TPC sebenarnya tidak ada perbedaan di setiap perusahaan untuk lebih jelasnya bapak bisa pelajari di SNI-01-2339-1991/M13. Untuk triknya ada pada sentuhan tangan analist itu sendiri dan yang paling penting suhu pada saat Incubasi harus di mulai dari suhu di bawah 30 derajat Celcius. Untuk CCP-nya bapak bisa turun ke proses produksi untuk pengamatan sendiri secara langsung.Oiya sebagai referensi uji mikrobiologi bapak bisa baca buku panduan Laboratory Methodes in Food Microbiology penerbit dari Academic, Sandiego California 92101-4495, USA. Semoga membantu

    Salam Analist.

    BalasHapus