Kamis, 11 Februari 2010

Ikuti Gerakan Tulang Sehat

Siang itu tepatnya pada tanggal 7 Februari 2010 saya pergi ke Giant sebuah toko perbelanjaan ada sebuah acara sosial yang diadakan oleh CDR Ikuti Gerakan Tulang Sehat Lawan Osteoporosis Sekarang! begitulah kira-kira judulnya. Kali ini saya akan bahas mengenai Tulang Sehat untuk selingan agar tidak jenuh dalam analisa kita sehari-hari....terlebih agar kita tahu tentang kondisi kesehatan tulang kita.

Seiringdengan bertambahnua usia, kebutuhan kalsium kita meningkat 1.5 kali lipat menjadi 1200 mg. Apabila tidak terpenuhi, Anda berisiko terkena Osteoporosis (keropos tulang). Osteoporosis terjadi diam-diam tanpa disadari dan meningkatkan risiko fraktur (patah tulang).Faktor resiko tinggi, umumnya terjadi pada wanita dan pria berusia lanjut serta wanita di masa pre- dan post menopause.

Nah siang itu setelah saya belanja saya tertarik untuk mencoba ikutan acar CDR tersebut, lalu saya antri untuk mendapat giliran pemeriksaan. Setelah menunggu tibalah giliran saya untuk pemeriksaan tulang saya, kaki kiri saya di masukan kedalam alat seperti penjepit kemudian keluar angka-angka dan hasilnya Score tulang saya (-0.1) itu menandakan masih sehat. Nah berikut ini Kriteria Tulang Sehat Menurut WHO.

  • +1 Masa Tulang sehat
  • -1 Masa Tulang Rendah
  • < -2.5 Tulang Keropos

Nah di bawah ini Tips agar Tulang Sehat dan Segar

  1. Biasakan diri dengan pola makan yang baik. Cukupi kebutuhan kalsium minimum 800 mg/hari dan Vitamin dan perbanyak makan Seafood agar tulang tetap sehat dan terhindar dari Osteoporosis.
  2. Olahraga minimal 2-3x seminggu,masing-masing 30 menit. contohnya seperti Fokus pada latihan angkat beban, Renang, Joging, jalan-jalan pagi dan lain-lain.
  3. Jalani gaya hidup sehat dengan menghindari faktor resiko Osteoporosis seperti Merokok, Kopi Minuman bessoda alkohol dan lain-lain.
  4. Lakukan pemeriksaan dini Osteoporosis, yakni dengan melakukan BMD (Bone Mass Density) Check minimal 6 bulan sekali.

Nah itu tadi mengenai tulang sehat. Bagi anda yang mau sehat sampai usia lanjut jalankanlah hidup sehat dan jangan lupa berolahraga. salam sehat......


NB: Jika anda membutuhkan Training Analisa Antibiotik, Industri-General Trade Laboratory Chemical, Reagent Antibiotik, Equipment Supply bisa hubungi kami di 081331070937 / 03171830322. Terimakasih.

Salam Analist







1 komentar:

  1. wow...menarik juga pak topiknya.pak kalau pada umumnya lelaki dewasa masa tulanggnya kuwat sampai umur berapa ya? Thax joko

    BalasHapus