Kamis, 23 Desember 2010

5 Langkah Menuju Perubahan

Setiap perusahaan seafood pasti memiliki laboratorium untuk menganalisa hasil produksinya. Dan setiap perusahaan pasti memiliki pendapat berbeda-beda tentang hasil analisa laboratorium. Ada perusahaan yang antusias dan percaya bahwa hasil analisa di laboratoriumnya valid. Ada yang cuek dan bahkan tidak percaya bahwa hasil analisa di laboratoriumnya bisa di jadikan penentu mutu sebuah produk sebelum di eksport.
Heemm...bagaimana di perusahaan anda? Di mana perusahaan anda berdiri?

Sebagai seorang Analist Laboratorium di perusahaan seafood, mungkin anda masih di hinggapi rasa kurang yakin dan tidak PEDE dalam setiap analisa. (Berarti anda berdiri di garis ragu-ragu antara yakin dan tidak yakin).

Ini wajar. Banyak analist laboratorium pada awalnya mengalami ketidak PEDE-an seperti itu.

Sebagai seorang analist laboratorium di sebuah perusahaan seafood kita memang perlu banyak belajar. Kita juga perlu Training dan Latihan-latihan Analisa. Dan Ingat belajar bukan hanya di dalam perusahaan seafood, tapi juga pada perusahaan yang lainnya yang masih ada hubungannya dengan Quality Control dan laboratorium.

Intinya anda hanya perlu niat serta keberanian dulu, "Saya serius bekerja di perusahaan seafood sebagai Analist laboratorium dan sebagai Quality Control.

Nah, setelah itu baru fokus pada cara analisa anda. Dan tetap berpikir positif serta tetap SEMANGAT kalau anda akan berhasil setiap kali analisa. Kemudian cari ilmu tentang analisa antibiotik, analisa mikrobiologi dan ikuti training. Dan Segara praktikan ilmu yang anda dapatkan setahap demi setahap.

Saya harap anda percaya pada kemampuan anda dan selalu berpikir positif. Ya.... karena jika anda berpikir positif maka hasinyapun akan positif. Begitu juga sebaliknya. Dan, sikap OPTIMIS pada kemampuan sendiri inilah kunci bagi semua Analist Laboratorium. (Baik Quality Assurance dan Quality Control).

Tapi, Hati-hati...Jangan terlena dengan rasa Optimis. Anda juga harus Berubah dan menerapkan ilmu yang telah anda pelajari jika mengininginkan Perubahan pada laboratorium di perusahaan anda dan hasil analisa valid sesuai standart. Hemm...Berubah bagai mana?

jawabannya ada disini cukup 5 langkah saja.

1. Lakukan Analisa secara berkualitas
Jika analisa anda sesuai dengan standart dan dapat di percaya, Pasti buyer tidak akan ragu dengan kualitas produk (ikan/udang/rajungan) yang akan di eksport.

2. Training di tempat lain
Agar kemampuan anda bertamabah lakukan latihan, mengikuti seminar-seminar dan baca buku mengenai cara analisa atau bila ingin cepat bisa analisa antibiotik segera melakukan training di Pratama Hartono Indonesia.

3. Tulis kegiatan Analisa tiap hari
Para analist biasanya mengumpulkan artikel-artikel bagus dalam agenda mereka dan mempraktekan ilmu yang telah didapat.

4. Buat Press release (Keterangan pers)
Untuk memberi tahu hasil analisa anda kepada Quality Assurance dan seluruh karyawan di perusahaan, anda boleh membuat press release. Tujuannya agar semua karyawan mengerti akan ke bersihan dan dari produk tersebut.

5. Komunikasi
Komunikasi adalah hal yang sangat penting untuk seorang analist laboratorium. Kenapa? karena setiap analisa antibiotik pasti membutuhkan waktu dalam pengujiannya sebelum di eksport. Oleh karena itu komunikasi antar team laboratorium dengan Quality Control harus selalu terjaga agar semuanya berjalan sesuai rencana.

Baiklah... selalu ada jalan menuju roma. Tinggal bagaimana anda menuju perubahan kesana.
dan yang terahir SELAMAT TAHUN BARU 2011....Tetap Semangat menuju perubahan untuk kita semua.



NB: Jika anda membutuhkan Training Analisa Antibiotik, Industri-General Trade
Laboratory Chemical, Reagent Antibiotik, Equipment Supply segera hubungi kami di 081331070937 / 03171830322. Terimakasih.

Salam Analist.











0 komentar:

Posting Komentar